Friday, June 11, 2010

sedikit tentang ibu kita kartini

Kartini, sekuat apa jati dirinya, sehingga disebut sebagai putri sejati, seluhur apa budi pekertinya sehingga disebut putri yang mulia, dan sebesar apa semangat keberaniannya sehingga disebut pendekar bangsa. Dan statemen ini setidaknya ada tiga makna yang harus kita kaji dan teladani, sehin gga kita memperingati Hari Kartini tidak sebatas mempresentasikan berbagai macam lomba dan gugurlah kewajiban kita.

Budi pekerti luhur sebegitu luhur budi pekerti beliau terpanggil moralnya untuk mengangkat derajat kaumnya. Alangkah indahnya jika di era modern seperti sekarang kita senantiasa berpegang teguh pada bidang budi pekerti yang luhur khususnya kaum remajanya. Budi pekerti yang selalu berpegang teguh pada nilai-nbilai moral dan agama. Sebagai pewaris budi luhur dan Ibu Kita Kartini yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan agama tentunya kita dapat memilah-milah mana yang baik atau benar dan mana yang buruk atau salah.

Berwatak ksatria, dengan bekal keberaniannya yang didasari oleh potensi yang dimiliki, jati diri yang kuat serta budi pekertinya yang luhur berliau mampu berbuat demi mengharumkan nama bangsa. Tekadnya untuk mengangkat derajat kaumnya dimulai dengan mendirikan sekolah wanita pertama kali di Jepara dan Rembang patut disebut sebagai pendekar bangsa. Dari sini jelas bahwa sumber daya manusia seperti yang sedang digalakkan pada era globalisasi ini telah diperhitungkan pada masa Kartini. 

Zaman semakin modern, iptek semakin canggih, dan Kartini telah meloporinya. Seandainya saja saat ini Ibu Kita Kartini masih hidup, maka beliau akan berusia 130 tahun dan mungkin beliau akan tersenyum bangga serta bahagia menyaksikan hasil perjuangannya. Emansipasi wanita yang telah dirintis Ibu Kartini sejak beliau masih sangat muda telah dapat kita rasakan manfaatnya bersama sekarang ini.

Maka bercerminlah dan buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, sebuah buku yang berisi surat-surat Ibu Kartini yang pada intinya adalah gambaran cita-cita beliau semua itu kini sudah semakin nyata.
Untuk itu dalam mengisi peringatan Hari Kartini ini marilah kita bercermin pada budi luhur Ibu Kita Kartini, khususnya kaum ibu juga gadis-gadis, para remaja putri kita zaman sekarang tentunya harus banyak tahu apa yang harus dipelajari, dilakukan dan apa yang masih harus diperjuangkan dan Indonesia yang utuh dan menyeluruh, karena masih banyak kejadian-kejadian yang menyimpang jika dipandang dan cita-cita Ibu Kita Kartini. Marilah kita kobarkan api cita-cita Ibu Kita Kartini guna mengisi kemerdekaan dengan pembangunan.

0 comments:

 

blogger templates | Make Money Online